Video Mapping Kota Tua Jakarta

CategoryWisata Jakarta
Seen1948 times

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu Wisata Jakarta yang belakangan digarap dengan serius oleh pemerintah daerah setempat. Tempat bersejarah bekas peninggalan jaman lawas, namun masih kokoh berdiri, kini diperindah dan dirawat menjadi objek menarik, apalagi dipercantik dengan pertunjukan laser show-video mapping Kota Tua Jakarta di malam hari menggambarkan diorama nan megah berwarna-warni. Apalagi ada dilengkapi dengan atraksi manusia patung/ manusia batu di kota tua Jakarta semakin membuat tempat ini kental nuansa tempo dulu dengan objek-objek wisata unik dan menarik.

Kota Tua Jakarta sendiri terletak di sebelah utara Jakarta, dulu terkenal dengan nama Batavia. Pusat utama objek wisata kota Tua Jakarta adalah Museum Fatahillah, salah satu bangunan lama yang masih kokoh berdiri. Selain menikmati pemandangan, masuk ke dalam museum Fatahillah, masih banyak kegiatan lain disini, misalnya menyewa sepeda ontel, atau ojek sepeda ontel, berkeliling Kota Tua mengingatkan ke-eksotisan jaman dulu di seputaran daerah ini. Museum Fatahillah sendiri dulunya adalah penjara bawah tanah, sehingga banyak jejak-jejak sejarah bisa dilihat disini.

Sejarah Kota Tua Jakarta atau dikenal juga dengan Batavia Lama secara administratif berada di dua wilayah, Jakarta Utara dan Jakarta Barat, dulu merupakan lokasi strategis dengan Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai arah pantainya. Pada jaman Jepang sekitar tahun 1942, Batavia berubah dan berkembang menjadi Kota Jakarta sehingga sekarang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Kota Tua sendiri dijadikan tempat bersejarah yang dilindungi. Setelah selama bertahun-tahun terbengkalai, kini wajah Kota Tua Jakarta mulai menampakkan geliatnya sebagai salah satu tujuan wisata Jakarta.

Bangunan-bangunan yang masih kokoh berdiri, selain Museum Fatahillah, ada Stasiun Jakarta Kota, yang masih beroperasi sampai sekarang. Ada juga Museum Wayang di Jakarta, Jembatan Tarik Kota Intan, Kantor Pos di Kota Tua, Gedung Arsip Nasional, Petak Sembilan, Museum Bank Indonesia, Cafe Batavia, Lapangan Fatahillah, Museum Bahari, Masjid Luar Batang dan masih banyak lagi. Perbaikan terus diusahakan, disana-sini agar lebih menambah daya tarik wisata Kota Tua Jakarta.

wisata_kota_tua_jakarta

gambar: www.jakarta.go.id

tags: , ,
  • Video Mapping Kota Tua Jakarta